Troubleshooting Instal Windows 7 ke Asus A555L

Home  >>  Pengalaman  >>  Trouble Shooting IT  >>  Troubleshooting Instal Windows 7 ke Asus A555L

Troubleshooting Instal Windows 7 ke Asus A555L

14
Apr,2018

0

Beberapa hari ini diribetkan dengan downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 laptop ASUS A555L milik salah seorang mahasiswa bimbingan skripsi saya. Saat akan diinstall Windows 7, maka akan ditolak dari sistem, alasannya: Partisi pada HDD menggunakan GPT, sedangkan Windows 7 Installer-nya hanya bisa digunakan untuk MBR.

Berbekal internet, mencoba beberapa tutorial, akhirnya menemukan solusi akhir:

  1. Tetap booting menggunakan USB Flash Drive yang telah ada Windows 7 Installer di dalamnya.
  2. Ketika memasuki mode siap install, tekan SHIFT+F10. Hal ini untuk memunculkan jendela mirip command prompt.
  3. Masuk ke mode disk part dengan mengetik: DISK PART
  4. Ketik: LIST DISK. Hal ini untuk menampilkan apa saja disk (hdd maupun ufd) yang tertancap pada komputer. Biasanya DISK 0 merupakan HDD internal laptop.
  5. Jika disk 0 merupakan harddisk Anda, ketik: SELECT DISK 0. (Hal ini dapat dicek dengan mengetahui berapa kapasitas dari harddisk Anda).
  6. PERINGATAN: langkah ini akan menghapus seluruh isi data pada HDD Anda yang dipilih (SELECT DISK 0). Sebaiknya, sebelum masuk langkah ini, backup data dari HDD internal ke HDD eksternal Anda. Setelah yakin data sudah terbackup, ketik: CLEAN. Langkah ini akan mengosongkan HDD internal Anda dan membuatnya menjadi partisi Unlocated Space.
  7. Keluar dari mode DISK PART dengan mengetik: EXIT.
  8. Keluar dari mode command prompt dengan mengetik: EXIT.
  9. Masuk lagi ke mode installasi Windows 7, harusnya sekarang Anda sudah bisa mengistall Windows 7 di laptop yang memiliki partisi GPT.

Comments are closed.